Anak kecil diwaktu subuh..

Biasanya hampir disetiap masjid sholat subuh adalah sholat yang paling sedikit peminatnya, hampir bisa dipastikan jumlah jamaah sholat subuh lebih sedikit dari pada jumlah jamaah sholat maghrib atau sholat isya apalagi bila dibanding dengan jamaah sholat jum'at.

Beberapa hari ini saya melihat hal yang berbeda di masjid, terutama saat sholat subuh. Sholat subuh berjamaah di masjid yang sangat sedikit peminatnya tersebut, beberapa hari ini bertambah dengan hadirnya seorang jamaah. Hebatnya adalah jamaah ini adalah seorang anak laki-laki, ya anak laki-laki.

Berbeda dengan anak-anak lain yang ketika sholat berjamaah sering berbuat kegaduhan, anak ini sholat berjamaah dengan baik dan tidak membuat kegaduhan, bahkan cara berzikir setelah sholatnya pun dengan suara setengah berbisik.

Tadi pagi setelah sholat subuh berjamaah di masjid saya pulang dengan anak laki-laki tersebut, dan coba sedikit berbincang dengannya. " Nama saya Andi pak, sekolah kelas 4 di SD simpangan 02" begitu jawabnya saat saya tanya nama dan sekolahnya. umurnya baru sekitar 10 tahun dengan perawakan kecil dan bicaranya agak kurang jelas.

Subhanallah anak laki-laki kecil dengan umur sepuluh tahun sudah terbiasa sholat subuh berjamaah di masjid, sedangkan para laki-laki dewasa lebih banyak yang masih tidur dan malas untuk berangkat ke masjid. Semoga dengan pelajaran yang Allah berikan melalui anak kecil bernama Andi tersebut, saya bisa semakin istiqomah untuk selalu sholat berjamaah di masjid.

* ‘Barangsiapa shalat Shubuh berjama’ah maka dia berada dalam jaminan Allah (maksudnya: Dia melindungi, memperhatikan dan menjaga hamba tersebut)’ (HR. Ibnu Majah dan Thabrani)
* ‘Tidak ada shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik selain shalat Shubuh dan Isya’, seandainya mereka mengetahui kebaikan didalam jamaah kedua shalat tersebut, pasti mereka akan mendatanginya walaupun dengan merangkak’ (Muttafaqun ‘Alaih)
* “Barangsiapa yang menghadiri shalat Isya’ berjama’ah maka seolah-olah dia shalat setengah malam dan barangsiapa yang menghadiri shalat Shubuh berjama’ah maka seolah-olah dia shalat semalam suntuk’ (HR. Muslim)
* ‘Sesungguhnya Allah kagum terhadap orang-orang yang shalat berjama’ah’ (HR.Ahmad).

Komentar

Pecel mengatakan…
Klo ditempatku ada anak-anak itu pun cuma 1
Dia mau datang karena diajak oleh orang tuannya
Sering digoda sama jama'ah masji, "Minta (doa) apa?"
Jawabnya "Minta mie ayam, jajan dan mobil-mobilan"
Nsp mengatakan…
Chandudab

Postingan Populer