Jembol PBB-1


Sat set, semangkok bakso dan segelas dawet beres terselesaikan, lumayan untuk pengganti sarapan pagi. Jamuan dari Pemerintah Kalurahan Karangwuni sebagai tuan rumah Apel 17 Maret 2023 untuk peserta apel memang berupa bakso, siomay dan minuman dawet.

Saya segera bergegas kembali ke rumah meskipun rangkaian acara di Karangwuni belum selesai, ada acara Jemput Bola pertama PBB di rumah untuk warga Seworan. Sekarang jam di Hp saya menunjukan pukul 08:15 WIB, jadwal tertera di undangan hari Jum'at, tanggal 17 Maret 2023,  jam 08:30 s/d 11:30 WIB masih ada waktu perjalanan pulang ke rumah.

Dilema memang, di satu sisi kami di tuntut pencapaian target pembayaran PBB warga sebesar 100%, alias nilai sempurna dimana seluruh kewajiban PBB terbayar oleh pemiliknya, di sisi lain sedang santer berita mengenai kekayaan pejabat pajak yang luar biasa besar dant terbongkar akibat ulah dari anaknya yang menganiaya anak pejabat sebuah Ormas.

Di tengah kekecewaan masyarakat akibat kelakuan dan kekayaan yang mencurigakan keluarga pejabat pajak, kami tetap berusaha dengan berbagai cara supaya target pembayaran PBB tetap tercapai, salah satunya dengan cara jemput bola pembayaran PBB di rumah Dukuh. Untuk tahun ini pemerintah Kalurahan Triharjo bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Kalurahan sebagai operator penerima pembayaran PBB Warga.


Jam belum menunjukan pukul 08:30 WIB ketika saya sampai di rumah, sudah ada Mbak Endar staf Kalurahan dan Mbak Yuli petugas dari BUMKAL Triharjo, Pak Tri Cahyo suami dari Bidan Esthini yang akan membayar PBB dan istri saya yang ternyata rela terlambat berangkat ke sekolah demi membantu suaminya menerima tamu-tamu tersebut.

Alhamdulillah jemput bola pembayaran PBB di rumah berjalan lancar total ada 32 lembar SPPT PBB yang terbayar dengan nilai Rp 4.476.220,-. pelaksanaannya juga di tinjau oleh Pak Murjana dari Kapanewon Wates, Pak Bambang Handaya Jagabaya (Kasi Pemerintahan) Kalurahan Triharjo, Bapak Wahyudi Babinsa Kalurahan Triharjo dan Bapak Kastono Badan Permusyawaratan Kalurahan Triharjo sekaligus juga sebagai salah satu pembayar PBB.

Semoga kesadaran masyarakat Seworan dalam membayar pajak terutama PBB diiringi dengan kesadaran para pegawai pajak baik tingkat pusat maupun daerah untuk tidak melakukan korupsi dan tidak menyalahgunaan jabatan dan kewenangannya untuk memperkaya diri sendiri dan keluarganya.

Dua acara hari ini selesai, masih ada beberapa acara lainnya setelah sholat jum'at sampai malam nanti. Semoga Allah memberi kekuatan dan kesabaran dalam melaksanakan tugas dan kegiatan sehari-hari dan mencatat semuanya sebagai amal kebaikan untuk bekal Akhirat nanti.

Seworan, Jum'at 17 Maret 2023

Sangadi Budi W

Komentar

Postingan Populer