Panen Pisang


Beberapa hari yang lalu saya menebang pohon pisang ambon yang buahnya sebagian besar sudah merekah, khasnya pisang ambon ketika hampir masak di pohon sering kali buahnya merekah, sehingga beberapa buahnya praktis tidak bisa di makan ketika matang.

Melihat dan mencium harum wangi pisang ambon, mengingatkan kembali kenangan waktu saya SMP, mungkin kenangan ini juga ada keterkaitan dengan kejadian beberapa hari ini dimana saya sering WA dengan teman lama ketika SMP.

Kala itu ada pembagian buku catatan pelajaran Keterampilan PKK, dimana buku tersebut di kumpulkan pada pertemuan sebelumnya. Ibu Guru yang mengampu saya lupa namanya beliau sangat lugu dengan kacamata tebal yang digunakannya, saya termasuk anak laki-laki yang cukup memperhatikan pelajaran ini di banding teman laki-laki lain di kelas.

Ketika itu tumpukan buku yang dikembalikan diletakan di meja murid paling depan, teman-teman sekelas berebut mencari dan mengambil buku catatannya masing-masing, entah kenapa saya agak terlambat sampai di meja tersebut.

Setelah sampai di meja dengan tumpukan sisa buku yang belum di ambil, saya teliti satu persatu buku-buku tersebut, tapi sepertinya buku saya tidak ada di tumpukan itu. Hati saya mulai gelisah, bagai mana kalau buku itu hilang...? bagaimana nanti saya belajarnya...? dan pertanyaan2 penuh kecemasan lainnya melintas dalam fikiran.

Saya coba tanya kepada teman yang tempat duduknya berhadapan dengan meja tersebut, awalnya teman tersebut menjawab tidak tahu, ketika terus saya desak akhirnya dia mengecek isi dalam tasnya dan ternyata buku saya ada di dalamnya. Saat tadi membuka tas untuk mengecek ada tidaknya buku saya di dalam tas tersebut, ada wangi harum keluar dari dalam tas tersebut, tentu saja saya tahu itu harum wangi pisang ambon, ya pisang ambon yang pasti harum wanginya sama dengan pisang ambon masak yang ada dihadapan saya dan di panen beberapa hari yang lalu.

Ya begitulah saya, saya sering teringat suatu momen atau kejadian yg telah lama berlalu ketika mencium wangi atau harum benda yg sama yg saya cium saat ini. Misal saat saya mencium wangi harum sabun life*** warna merah saya akan teringat ketika awal saya ke Jogja, dikamar rumah kost kakak sepupu.

Sama dengan saat ini, ketika saya mencium wangi harum pisang ambon yang matang saya teringat dengan teman saya tersebut.

Kulon Progo, 15 Maret 2023, 13:07 WIB.

Komentar

Postingan Populer