Puasa Pertama Ramadhan 1444 H

 

Jam sudah menunjukan pukul 23:06 WIB, sudah terlewat waktu tidur malam, rasa kantuk sudah berlalu dan mata menjadi sulit terpejam, peluk cium pengantar tidur untuk sang pendamping hidup sudah sejak tadi dilakukan, membuatnya tidur dengan tenang setelah banyak kegiatan melelahkan seharian, hari ini adalah puasa pertama di bulan Ramadhan 1444 H.

Ada kekhawatiran dalam menjalani Ramadhan kali ini, persiapan ilmu dan iman tersa kurang, karena hanya sedikitnya persiapan terganjal oleh banyaknya kegiatan yang harus dilaksanakan dan meskipun begitu masih banyak yang belum lagi terselesaikan, hari ini adalah puasa pertama di bulan Ramadhan 1444 H.

Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah penguasa kehidupan, yang mempertemukan dengan kawan yang sudah mempunyai persiapan, mempunyai target-target yang ingin dia capai saat Ramadhan, berbicara dengannya 2 hari yang lalu membuat diri ini terpacu, paling tidak berusaha mengikuti target-target yang di rencanakannya, menyesuaikan dengan pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa di tinggalkan, hinhg akhirnya kekhawatiran untuk menjalani Ramadhan sedikit berkurang, hari ini adalah puasa pertama di bulan Ramadhan 1444 H.

Ada tulisan yang mengingatkan bahwa gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan, target-target yang hendak dicapai selama Ramadhan di detailkan menjadi target harian dan target mingguan, dan tidak lupa pula evaluasi hasil setiap hari dan setiap minggu setelah pelaksanaanya, semoga semua rencana bisa dilaksanakan, hari ini adalah puasa pertama di bulan Ramadhan 1444 H.

Evaluasi hari ini sudah dilakukan apa-apa yang kurang harus dilakukan perbaikan di hari yang akan datang, qiyam Ramadhan dan target tilawah hari ini tercapai, sholat jamaah di Masjid serta bisa hadir di pengajian  adalah capaian lainnya, hari ini adalah puasa pertama di bulan Ramadhan 1444 H.

Selamat tidur, selamat beristirahat dan semoga bisa bangun saat sahur untuk puasa hari ke dua, hari ini adalah puasa pertama di bulan Ramadhan 1444 H.


Seworan 23 Maret 2023/1 Ramadhan 1444H, 23:50 WIB

Sangadi Budi Waluyo

Komentar

Postingan Populer