Teman satu meja saat SMA


Alhamdulillah dua hari kemarin kegiatan cukup padat, hari jum'at-sabtu. Hampir bisa dikata tidak ada waktu untuk bersantai, bersyukur Allah masih adakan waktu tidur untuk beristirahat.

Perubahan rencana pelaksanaan kegiatan Bank Sampah Sumber Resik, yang mendadak harus di tunda ke hari sabtu minggu ke-2 bulan depan, karena adanya berita duka meninggalnya warga RT.17.

Setelah duka ada gembira, walau nggak mirip soda gembira, minuman favorit di warung Bu Hartin, saat pertemuan paguyuban  Dukuh se Kalurahan Triharjo, Jum'at siang kemarin.

Sabtu  Jam 09.52 WIB setelah pulang dari Pasar Pripih, saat istirahat sebentar, sebelum melihat proses penggalian liang lahat dan melayat ke rumah duka, ada tlp masuk dari teman ketika SMA.

Namanya Affandi Rinaldi, selama 3 tahun di SMAN 1 Bekasi kami selalu satu kelas, bahkan cukup lama jadi teman semeja.

Affandi bilang kalau dia sedang ada tugas kantor di Solo dan menyempatkan diri menengok neneknya di Kutoarjo, Purworejo. Sekalian mau mampir ke tempat saya di Wates, Kulon Progo.

Teman yang mempunyai tanggal bulan dan tahun kelahiran yang sama dengan saya ini sekarang tinggal di Kota Wisata Cibubur, dan bekerja di departemen perhubungan.

Terakhir saat SMA memang dia sudah sangat bertekad dan tujuan yang sangat jelas untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah penerbang di Curug Tangerang.

Setelah lulus SMA, kami baru saling kontak lagi tahun lalu melalui group WA SMA, yang ketika itu akan mengadakan reuni. WA terakhir dia bilang akan mampir ke rumah saat pulang ke Kutoarjo, dan kini dia menepatinya.

Singkat cerita, sampailah Affandi di rumah saya, kami bertemu di jalan saat saya pulang dari masjid, ada tetangga yang memandu mobil yang di kendarainya ke arah rumah saya.

Setelah sempat dibuat kesasar oleh google maps akhirnya Affandi bisa sampai ke lokasi rumah saya, padahal sebelumnya sudah saya beritahu kalau rumah saya hanya sekitar tiga rumah dari jalan nasional Purworejo-Yogyakarta.

Tapi google maps mengarahkan lewat jalan kampung di tengah sawah yang mungkin secara teori waktunya lebih cepat,  tapi membingungkan pengguna hingga membuatnya kesasar.

Hanya sebentar, tidak sampai satu jam Affandi dan istrinya mampir ke rumah, banyak cerita-cerita menyenangkan, mengenai masa ketika SMA, cerita pendidikan setelah SMA dan mengenai keluarga masing2.

Sayangnya istri saya yang sedang sakit karena asam lambungnya kambuh, hanya bisa menyiapkan minum dan cemilan ala kadarnya dan kemudian pamit istirahat sehingga tidak ikut serta dalam obrolan yang penuh kehangatan tersebut.

Alhamdulillah walaupun jarak Bekasi - Kulon Progo jauh, tapi selama ini sudah satu teman SMP dan tiga teman SMA yang mampir ke tempat saya di Wates, Kulon Progo.

Semoga kedepannya masih ada teman-teman beserta keluarganya yang bersedia mampir ke rumah kami yang sangat sederhana ini.

Sangadi Budi W.

Wates, 11 Juni 2023.


Komentar

Postingan Populer